Kebiasaan manusia yang tidak efektif

Kabar Sederhana , Kebiasaan manusia yang tidak efektif - Anda mungkin saja telah pernah membaca buku karangan Stephen R. Covey yang berjudul 7 Rutinitas Manusia yang Sangatlah Efisien, yang juga adalah salah satu buku best seller international. Bila anda belum pernah membacanya, saya sangatlah mereferensikan buku itu pada anda. Buku harus yang butuh anda punyai bila anda mau meningkatkan kepribadian anda. Anda dapat memperolehnya di beberapa toko buku favorite anda.

Kebiasaan manusia yang tidak efektif


Pada kesempatan ini saya bakal mensharingkan pada anda kebiasaan-kebiasaan manusia dari pojok pandang yang berlawanan, yakni 7 Rutinitas Manusia yang Sangatlah TIDAK Efisien.

Tujuh rutinitas ini mesti anda jauhi. Mungkin saja anda sendiri tak menyadarinya lantaran telah jadi rutinitas anda keseharian.

Apa sajakah 7 rutinitas itu, mari kita saksikan berbarengan :

1. Tak ’menampakkan diri’

Salah satu hal paling simpel tetapi mempunyai dampak yang sangatlah besar buat anda dalam mencapai keberhasilan – tak tahu itu dalam kehidupan sosial, karier, keuangan maupun kesehatan – yaitu tampakkan diri anda seringkali.

Apa maksud ’menampakkan diri’ di sini? Saya bakal memberi suatu ilustrasi : Bila anda mau melakukan perbaikan kesehatan anda, jadi salah satu hal terutama serta terefektif yaitu anda memperlihatkan diri ditempat kesehatan sesuai sama jadwal latihan anda.
Mungkin saja waktu itu cuaca tengah tak mensupport hingga anda terasa malas sekali keluar dari rumah. Tetapi bila anda terus memaksakan diri untuk pergi walau anda malas, jadi anda telah melakukan perbaikan mental anda tambah lebih cepat di banding anda cuma duduk di sofa sembari melihat tv.

Saya rasa ini berlaku di seluruhnya ruang dalam kehidupan anda. Bila anda menulis seringkali, jadi satu waktu anda bakal jadi penulis top di mana hasil tulisan anda bakal senantiasa ditunggu orang untuk di baca. Bila anda kerap bersua atau berkumpul dengan rekan-rekan, jadi kemungkinan anda bersua dengan seorang yang khusus jadi tambah besar.

Cuma dengan anda ’menampakkan diri’ seringkali bakal bikin suatu ketidaksamaan yang sangatlah besar untuk keberhasilan anda. Bila tak, anda akan tidak pergi kemana-mana.

2. Tunda pekerjaan

Ada 2 keadaan yang mengakibatkan seorang tunda pekerjaannya :

– Pertama, dia mempunyai pekerjaan yang sangatlah menumpuk. Dia bingung apa yang perlu dia lakukan terlebih dulu. Pada akhirnya dia tak kerjakan apa-apa.

– Ke-2, dia cuma mempunyai sedikit pekerjaan, hingga dia memikirkan untuk menundanya terlebih dulu.

Lepas dari apa pun keadaan anda, berikut ini yaitu cara-cara yang dapat anda kerjakan agar anda bisa keluar dari rutinitas tunda ini :

– Kerjakanlah pekerjaan terberat serta terutama terlebih dulu pada pagi hari. Awal yang baik pada pagi hari bakal bikin momentum yang positif hingga anda bakal melakukan bekas hari anda dengan lebih semangat.

– Anda mungkin saja kerap mendengar suatu joke : bagaimanakah langkahnya makan seekor gajah? ….. Janganlah mengkonsumsinya dalam sekali gigit! Bila anda cuma memikirkan pekerjaan yang menumpuk tengah menunggu anda, kepala anda bisa jadi capek, pada akhirnya bakal membawa anda pada penundaan. Pecahlah pekerjaan anda jadi beberapa langkah kecil, serta fokuslah pada langkah pertama. Sesudah usai, anda dapat meneruskan ke langkah kecil selanjutnya. (saya pernah membahas juga di artikel Bagaimanakah Terus Terpacu Untuk Merampungkan Apa yang Sudah Anda Mulai)

– Bila anda memikirkan untuk tunda pekerjaan lantaran anda cuma mempunyai sedikit pekerjaan, baiknya anda mulai memikirkan bagaimanakah bila mendadak anda memperoleh pekerjaan baru sesaat pekerjaan yang lama belum anda lakukan. Pakai senantiasa prinsip : ’lakukan saat ini juga beberapa hal yang dapat anda kerjakan sekarang’.

3. Anda lakukan suatu hal yang sebenarnya tak utama

Rutinitas yang lain yg tidak produktif, terkecuali tunda, yaitu anda menyibukkan diri dengan beberapa hal yg tidak utama.
Untuk hindari hal semacam ini, tuliskan 3 hal utama yang perlu anda kerjakan sehari-hari, tak tahu itu di atas kertas atau di notebook anda, serta awalilah mengerjakannya dari urutan paling atas. Walau anda cuma mampu merampungkan 1 pekerjaan saja, tetapi sekurang-kurangnya anda sudah lakukan hal terutama yang butuh anda kerjakan di hari itu.

Apa pun langkah yang anda pakai dalam mengatur pekerjaan anda, prioritas paling utama tetaplah temukan beberapa hal terutama yang butuh anda kerjakan sehari-harinya. Tehnik ini dapat adalah sisi dari manajemen saat yang efisien, hingga anda tak menggunakan hari-hari anda dengan lakukan beberapa hal yg tidak utama. Merampungkan satu pekerjaan dengan cepat terus akan tidak bermakna bila anda lakukan hal yg tidak utama.

Saya bakal cobalah memberi misal simpel. Umpamanya anda yaitu seseorang manajer suatu departemen produksi. Satu saat anak buah anda lakukan kekeliruan hingga product yang dihasilkan alami cacat. Mana yang bakal anda tentukan :

1. Anda berbarengan anak buah anda melakukan perbaikan product yang cacat itu ; atau

2. Anda mencari jalan keluar agar peristiwa itu tak terulang kembali.

Saya rasa anda telah menangkap maksud saya tentang hal yang utama serta tak utama.

4. Memikirkan terlampau lama

Orang yang memikirkan terlampau lama, automatis bakal membuatnya kurang mengambil aksi. Terjerat dalam analisis yang terlalu berlebih bisa buang waktu-waktu bernilai dalam kehidupan anda. Tak ada yang salah dengan memikirkan saat sebelum bertindak, bahkan juga sangatlah dibutuhkan hal sejenis itu. Lakukan riset, bikin gagasan, menggali potensi-potensi keuntungan dan permasalahan yang mungkin saja berlangsung.

Tetapi memikirkan, memikirkan serta selalu memikirkan yaitu langkah lain mensia-siakan hidup anda. Anda tak perlu menganalisa segalanya dari tiap-tiap pojok. Anda tak dapat menanti saat yang benar-benar pas untuk menggerakkan tindakan anda. Yakinlah saat itu tak akan tiba. Anda juga tak perlu merisaukan bagaimanakah bila kegagalan hampiri anda. Bila anda terus memikirkan serta selalu memikirkan makin dalam, jadi anda bakal makin susah untuk mengambil aksi.

Berhentilah memikirkan, kerjakan saat ini juga apa pun yang butuh anda kerjakan, pergilah dimanapun anda butuh pergi.

5. Lihat segi negatif dari tiap-tiap hal

Saat anda lihat semuanya dari pojok yang negatif, jadi sebenarnya anda sudah menjatuhkan motivasi anda sendiri. Anda temukan kekurangan dimana-mana serta beberapa masalah yang mungkin saja tak benar-benar ada, misalnya saat anda mencari argumen tidak untuk lakukan suatu hal. Saya meyakini dari pojok yang negatif anda sekurang-kurangnya bakal temukan 10 argumen.

Misal yang lain, anda mencari seorang yang ingin dengarkan keluh kesah anda – walau sebenarnya sebenarnya tak ada yang ingin dengarkan keluhan anda – perihal pekerjaan serta kehidupan anda yang menjenuhkan atau atasan anda yang menjengkelkan. Ketahuilah bahwa anda bakal membuat hidup anda sesuai sama apa yang anda pikirkan serta bagaimanakah anda melihat lingkungan anda. Bila anda melihat kehidupan anda demikian membosankan.menjengkelkan, anda bakal mempunyai kehidupan yang betul-betul menjemukkan.

Yang butuh anda kerjakan tak lain yaitu anda menantang pada diri anda sendiri selalu untuk memikirkan positif sepanjang 7 hari kedepan. Lihatlah kelak hasil mengagumkan yang bakal anda bisa.

6. Keras kepala pada pendirian anda sendiri serta menampik pendapat orang lain

Memanglah susah untuk mengaku atau berjiwa besar bahwa pendapat anda tidaklah pilihan yang paling baik. Hingga anda ngotot pada pendapat anda serta tutup pikiran anda dari dampak orang lain. Keadaan ini bisa mengakibatkan anda susah untuk berkembang jadi pribadi yang lebih efisien.

Anjuran untuk menangani permasalah ini yaitu anda mengerti bahwa manusia memiliki batas atas beberapa hal yang ia kenali. Anda mesti terbuka untuk terima pelajaran atas kekeliruan anda sendiri, kekeliruan orang lain atau sumber-sumber yang lain seperti buku.

Saat otak anda senantiasa dikosongkan untuk terima beberapa hal baru, dengan cara tak sadar level anda sudah naik ke level yang lebih tinggi, demikian selanjutnya. Tetapi butuh diingat, janganlah juga anda terjerat seperti diterangkan di no. 4. Pengetahuan baru yang anda terima, butuh anda aplikasikan serta cobalah dalam kehidupan anda, janganlah cuma jadi pengetahuan semata saja.

7. Membiarkan info membanjiri otak anda

Kebalikan dari poin 6 di atas, di poin 7 ini anda malah membiarkan semua info mengalir ke otak anda tanpa ada penyaringan. Bila anda lakukan ini, jadi bakal susah untuk anda untuk memikirkan dengan jernih. Sebagian keadaan yang mengakibatkan anda seperti ini yaitu :

– Banyak info yang anda terima yaitu negatif. Media-media serta lingkungan di sekitar anda kerap memberi beberapa informasi negatif, seperti : penipuan, perampokan, pembunuhan, isu dsb. Bila anda tak selektif dalam pilih berita, anda bisa dipengaruhi dengan cara negatif juga, tak tahu itu dengan cara pikiran, perasaan ataupun aksi.

– Ada satu dorongan dalam diri anda selalu untuk tahu info terbaru, tetapi seberapa cepat anda ikuti perubahan dengan beragam alat yang anda punyai, bakal senantiasa ada beberapa puluh bahkan juga beberapa ratus hal baru yang berlangsung yg tidak dapat anda ikuti. Hali ini malah bisa bikin anda jadi stress.

Susah untuk bikin ketentuan serta mengambil aksi bila otak anda selalu dibanjiri dengan beberapa informasi. Bahkan juga anda bisa terjerat lakukan rutinitas seperti dijelaskan di poin 3. Anda repot serta repot selalu lakukan pekerjaan tetapi sebenarnya pekerjaan yg tidak utama.

Agar bisa konsentrasi, memikirkan jernih serta mengambil aksi, butuh sekali buat anda menseleksi bahkan juga bila perlu membatasi akses info yang masuk ke otak anda, umpamanya saat anda tengah merampungkan satu pekerjaan, anda lakukan beberapa hal seperti : mematikan telephone anda, internet serta pintu ruang anda. Anda bakal lihat hasil yang mengagumkan saat anda tak diinterupsi tiap-tiap 10 menit oleh e-mail atau website-website favorite anda. Kabar Sederhana
0 Komentar untuk "Kebiasaan manusia yang tidak efektif"

 
Copyright © 2014 Kabar Sederhana - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info