Kumpulan Jenis Jenis Modem

Kumpulan Jenis Jenis Modem - Pengertian Modem

Kumpulan Jenis Jenis Modem


Arti Modem adalah singkatan dari dua kata yakni Modulator serta Demodulator.
Pengertian Modulator yaitu satu rangkaian yang berperan lakukan sistem modulasi, yakni sistem “menumpangkan” data pada frekwensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal info/pesan agar dapat di kirim ke penerima lewat media spesifik (seperti media kabel atau hawa), umumnya berbentuk gelombang sinus. Dalam soal ini sinyal pesan dimaksud juga sinyal pemodulasi. Data dari computer yang berupa sinyal digital dirubah jadi sinyal Analog.
Demodulator memiliki manfaat kebalikan dari modulator (demodulasi), yakni sistem memperoleh kembali data atau sistem membaca data dari sinyal yang di terima dari pengirim. Dalam demodulasi, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekwensi tinggi. Data yang berbentuk sinyal Analog diberubah kembali jadi sinyal digital agar dapat terbaca di computer penerima.
Serta Modem adalah penggabungan dari ke-2 system tertulis diatas, hingga modem adalah alat komunikasi dua arah.



JENIS-JENIS MODEM

1. Modem Dial-Up

Akses jaringan computer lewat jalur telpon dengan memakai modem.
Dial-up Connection ini biasanya dipakai oleh perorangan yang menginginkan untuk terhubung Internet dari rumah. Computer yang dipakai untuk dial-up biasanya yaitu suatu computer tunggal/PC (bukanlah jaringan computer).

2. Modem ADSL

Modem ADSL atau modem DSL yaitu perangkat yang dipakai untuk menghubungkan computer atau router ke saluran telephone, untuk memakai service ADSL.
Untuk memecah signal line telepon menjadi suara dan data.


3. Modem Kabel

Modem Kabel (Cable Modem), yaitu perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini bisa digunakan untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pemakai) serta 2, 5Mbps upstream (kecepatan unggah dari pemakai). Agar bisa memakai modem kabel, computer mesti dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).

4. Modem CDMA

Modem CDMA adalah type modem dengan system komunikasi internet lewat jalur komunikasi CDMA (Code Division Multyple Acces). biasanya modem cdma berupa usb Flashdisk yang bisa dipakai setiap saat. Kecepatan CDMA sudah meraih 3X system koneksi dialup.

5. Modem GSM

Modem GSM memiliki kesamaan dengan modem CDMA, yakni komunikasi internet dengan memakai jalur komunikasi GSM (Global Systewm for Mobile Communication), seperti modem CDMA modem GSM juga berbentu USB, PCMCIA serta bisa memakai hp yang mempunyai fitur sebagai modem.
0 Komentar untuk "Kumpulan Jenis Jenis Modem"

 
Copyright © 2014 Kabar Sederhana - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info