5 Cara Mengatasi Rasa Takut Gelap

5 Cara Mengatasi Rasa Takut Gelap - Nyatanya tidak cuma anak kecil yang takut gelap. Beberapa orang dewasa yang merasakannya. Bahkan juga penelitian yang diselenggarakan oleh Warwick Castle, puri era pertengahan di Warwickshire, Inggris, tunjukkan bahwa 10 % dari orang dewasa di Inggris (jumlahnya diprediksikan 5 juta orang) tidak ingin ditinggalkan sendiri dalam kegelapan.
Baca : alasan  Kenapa Orang Orang Takut Gelap .

5 Cara Mengatasi Rasa Takut Gelap


Angka ini sungguh diluar sangkaan Warwick, terlebih 25 % dari responden mengakui takut gelap mulai sejak masih tetap anak-anak. Sesudah dewasa, mereka terus tidak dapat tidur lelap terkecuali ditemani lampu meja selama malam.

Bahkan juga, 60 % responden mengakui tak mematikan lampu saat keluar dari rumah lantaran takut saat pulang kelak tempat tinggalnya tampak gelap serta sunyi.

Rasa takut gelap ini oleh beberapa psikolog kerap dimaksud Nyctophobia. Terkadang penyakit ini kuasai seorang, serta membuatnya terasa lemas serta ketakutan.

Untuk beberapa orang, rasa takut ini membuatnya terasa lumpuh, hingga tidak bisa nikmati kesibukan yang mengharuskannya sendirian, jalan malam hari, kemping, atau eksplorasi alam. Serta, ini tidak hanya dihadapi golongan wanita, lho.

" Saat Anda ada didalam kegelapan, pikiran Anda dapat merekayasa Anda, " demikian kata juru bicara dari Warwick Castle. Tak heran, dari penelitiannya tampak juga bahwa 20 % orang dewasa alami cemas mengagumkan saat lampu mendadak mati tanpa ada pemberitahuan.

Pasti, tidak mungkin saja kita hindari kegelapan, lantaran kita bakal menemuinya sehari-hari. Jadi, baiknya tiap-tiap orang berupaya menangani rasa takutnya ini. Adakah langkah yang sangat mungkin kita melenyapkan penyakit ini dengan cara berangsur-angsur?


1. Dahulukan logika.

Umumnya rasa takut itu tak logis, serta dengan cara alamiah emosional. Mengaplikasikan logika dalam permasalahan emosional nampaknya berlawanan, namun sesungguhnya tak.

Umpamanya Anda tengah berbaring ditempat tidur, mau ke kamar mandi namun takut keluar lantaran ada bayangan gelap di pojok ruang. Selekasnya nyalakan lampu ruangan tidur, serta amati apa sesungguhnya bayangan itu.
Baca : alasan  Kenapa Orang Orang Takut Gelap .
Demikian Anda mulai rasakan bahwa rasa takut kuasai Anda, awalilah memikirkan rasional dengan menangani takut itu dengan kenyataan-fakta. Saksikan apa yang mengganggu Anda. Mungkin saja itu cuma bayangan baju yang digantung di belakang pintu.


2. Melatih pandangan saat malam hari.

Saat kita baru masuk dari ruang yang jelas ke ruang yang gelap, kita pasti tidak bisa lihat apa-apa. Namun perlahan-lahan, mata kita bakal mulai bisa menangkap obyek-obyek didalam ruang.

Coba mengatakan benda-benda yang Anda saksikan. Dengan dapat melukiskan apa yang Anda saksikan, indera pandangan malam hari ini bakal bertambah, serta rasa takut bakal menyusut.


3. Bacalah artikel yang inspiratif.

Film horor konon kerap dilihat oleh beberapa orang yang penakut. Karena, dengan hal tersebut ia dapat memikirkan apa yang bakal berlangsung apabila ia alami semua teror itu.

Namun dari pada nonton atau membaca novel horor saat sebelum tidur, tambah baik tentukan bacaan yang inspiratif. Tak tahu itu buku-buku agama, spiritual, movitasi, apa pun yang bakal menghangatkan hati Anda. Bacaan itu bakal bikin Anda santai serta mengantuk.


4. Meditasi, visualisasi, serta berdoa.

Meditasi saat sebelum tidur dirasa beberapa orang bisa bikin badan serta pikiran jadi santai, dan menolong melepas kemelut serta menangani takut.

Berdoa juga menolong kita terasa dilindungi dari sekitar lingkungan, sedang visualisasi dapat jadi langkah yang baik untuk mempersiapkan pikiran sepanjang pagi hari untuk terima malam hari.

Waktu Anda duduk atau berbaring ditempat tidur, pikirkan Anda ada di satu tempat yang Anda kehendaki. Lihatlah bagaimanakah Anda jalan serta nikmati tempat itu.
Baca : alasan  Kenapa Orang Orang Takut Gelap .
Pandanglah langit yang cerah, serta rasakan hangatnya cahaya matahari. Lalu, pikirkan juga indahnya langit yang dihiasi bintang serta bln. saat malam hari.


5. Ajak rekan jalan-jalan malam hari.

Salah satu langkah untuk menangani rasa takut yaitu menghadapinya. Jalan di kegelapan ditemani sebagian orang bikin Anda bakal mengambil langkah dengan yakin diri serta berani.

Tidak butuh banyak bicara, nikmati saja suara-suara alam di seputar seperti nada jangkrik atau hembusan angin yang menimpa pohon-pohon. Bakal prima bila bln. tengah purnama, lantaran Anda bakal nikmati indahnya malam hari.


Umumnya orang jadi takut gelap lantaran pernah alami peristiwa jelek. Bila hal semacam ini berlangsung pada Anda, coba berdamai dengan peristiwa itu. Lantas, aplikasikan lima langkah diatas.

Anda bakal terasa lebih rasional serta tak lemas lagi. Ingatlah, pemberani tidaklah orang yg tidak mempunyai rasa takut sekalipun, tetapi orang yang mampu menangani rasa takutnya
Baca : alasan  Kenapa Orang Orang Takut Gelap .
2 Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Rasa Takut Gelap"

wish gan bisa untuk dicoba tuh nice infonya (y)

 
Copyright © 2014 Kabar Sederhana - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info